Kamis, 22 Maret 2012

Macam-macam Karakter Manusia



KHOLERIS
Orang kholeris adalah orang yang mempunyai jiwa kepemimpinan. Punya wibawa, punya kemauan kuat, serta biasanya gampang menyuruh-nyuruh orang lain. Kelemahannya tidak semua orang mau disuruh-suruh. Orang yang menjadi pemimpin/manajer biasanya bertipe kholeris.

Emosi :
Kelebihan : Berbakat pemimpin, Dinamis dan aktif, Sangat memerlukan perubahan, Harus mengoreksi kesalahan, Berkemauan keras dan pasti, Tidak emosional, Tidak mudah patah semangat, Bebas dan mandiri, Mengesampingkan keyakinan, Bisa menjalankan apa saja.

Kelemahan
: Suka memerintah, Tidak sabar, Cepat marah, Tidak bisa santai, Terlalu bergairah, Menyukai kontroversi dan pertengkaran, Tidak mau menyerah kalau kalah, Terlalu kuat, Kaku, Tidak mau memuji, Tidak menyukai air mata dan emosi, Tidak simpatik.

Kerja :
Kelebihan : Berorientasi tujuan, Melihat seluruh gambaran, Serba teratur, Mencari pemecahan praktis, Bergerak cepat untuk bertindak, Mendelegasikan pekerjaan, Wawasan tentang produksi, Membuat tujuan, Merangsang kegiatan, Terdorong oleh penentangan.

Kelemahan : Sedikit toleransi terhadap kesalahan, Tidak menganalisis perincian, Bosan oleh hal sepele, Banyak yang membuat keputusan tergesa-gesa, Bisa kasar atau tidak taktis, Memanipulasi orang lain, Menuntut orang lain, Tujuan menghalalkan cara, Kerja bisa menjadi tuhannya, Menuntut loyalitas bawahan.

Teman-teman :
Kelebihan : Mau bekerja untuk kegiatan kelompok, Mau memimpin dan mengorganisai, Biasanya benar, Unggul dalam keadaan darurat.

Kelemahan : Cenderung memperalat orang lain, Mendominasi orang lain, Memutuskan untuk orang lain, Mengetahui segala-galanya, Bisa melakukan segala-galanya lebih baik, Terlalu mandiri, Ingin menguasai kawan dan teman hidup, Tidak bisa minta maaf.




MELANKOLIS

Orang melankolis adalah orang yang perfeksionis. Suka akan hal-hal yang detil dan membutuhkan ketelitian. Salah satu kelemahan orang melankolis adalah karena sifatnya yang terlalu perfeksionis, kadang-kadang suka menunda-nunda pekerjaan sampai terciptanya suasana yang sempurna. Orang yang bekerja di bidang penelitian/riset biasanya bertipe melankolis.

Emosi :
Kelebihan : Mendalam dan penuh pikiran, Analitis, Serius dan bertujuan, Berbakat dan kreatif, Artistik dan musical, Berfilsafat dan puitis, Menghargai keindahan, Sensitif kepada orang lain, Mau mengorbankan diri, Bijaksana, Idealistis

Kelemahan : Mengingat yang negative, Murung dan tertekan, Menikmati sakit hati, Punya kerendahan hati palsu, Berada di dunia lain, Citra diri rendah, Mendengarkan secara selektif, Mementingkan diri sendiri, Terlalu introspektif, Merasa bersalah, Menderita kompleks teraniaya, Cenderung menderita hipokondria.

Kerja :
Kelebihan : Berorientasi jadwal, Perfeksionis, standar tinggi, Sadar perincian, Tekun dan tuntas, Serba tertib dan teratur, Serba rapi, Hemat, Melihat masalah, Menemukan pemecahan kreatif, Perlu menyelesaikan apa yang dimulai, Menykai tabel, grafik, angka dan daftar.
Kelemahan : Tidak berorientasi manusia, Tertekan karena ketidaksempurnaan, Memilih kerjaan sulit, Ragu-ragu memulai proyek, Melewatkan banyak waktu untuk merencanakan, Memilih analisis diatas kerja, Merendahkan diri sendiri, Sulit disenangkan, Standar sering terlalu tinggi apa yang dimulai.


Teman – Teman :
Kekuatan : Berteman dengan hati-hati, Puas ada di belakang layar, Menghindari perhatian, Setia dan mengabdi, Mau mendengarkan keluhan, Bisa memecahkan masalah orang lain, Sangat memperhatikan orang lain, Mudah terharu dan kasihan, Mencari teman hidup ideal.

Kelemahan : Hidup melalui orang lain, Tidak aman secara sosial, Menarik diri dan menjauh, Suka mengkritik orang lain, Menahan kasih saying, Tidak menyukai yang menentang, Mencurigai orang lain, Antagonistis dan pendendam, Tidak mudah memaafkan, Penuh kontradiksi, Skeptis terhadap pujian.



SANGUINIS
Orang sanguinis adalah orang yang populer. Suka cerita, banyak omong, dan selalu menjadi pusat perhatian dari orang-orang di sekitarnya. Orang sanguinis gampang bergaul dan mudah berteman. Salah satu kelemahannya adalah sifatnya yang moody, atau tergantung suasana hati. Kadang ia cepat gembira, namun tiba-tiba menangis, atau sebaliknya. Profesi yang berkutat di bidang entertainment/hiburan biasanya diwarnai dengan orang-orang yang bertipe sanguinis.


Emosi :
Kelebihan : Kepribadian menyenangkan, Suka bicara dab bercerita, Menghidupkan suasana pesta, Selera humor yang baik, Ingatan akan warna, Antusian dan ekspresif, Ceria dan selalu gembira, Penuh rasa ingin tahu, Bermata lebar dan polos, Hidup dimasa sekarang, Sikapnya mudah berubah, Berhati tulus, Tetap menjadi anak-anak
Kelemahan : Suka bicara, Membesar besarkan, Menyukai perincian, Susah mengingat nama, Membuat orang lain takut, Sebagian terlalu bahagia, Energi yang tak mau diam, Egoistis, Suka mengeluh, Kekanak-kanakan, Suara dan tertawa keras, Dikendalikan keadaan, Mudah marah, Tampak palsu bagi sebahagian orang, Tidak pernah dewasa.
Kerja : 
Kelebihan : Mengajukan diri secara sukarela, Memikirkan kegiatan baru, Tampak hebat di permukaan, Kreatif dan penuh warna, Punya energi dan semangat, Mulai dengan cara yang hebat, Mengilhami orang lain untuk bergabung, Mempesona orang lain untuk bekerja.
Kelemahan : Lebih suka bicara untuk bekerja, Melupakan kewajiban, Tidak mengikuti sampai tuntas, Keyakinan cepat luntur, Tidak disiplin, Prioritas kacau, Memutuskan denga perasaan, Mudah teralihkan perhatiannya, Membuang-buang waktu dengan bicara.
Teman – Teman :
Kelebihan : Mudah berteman, Menyukai orang lain, Terdorong oleh pujian, Tampak menggembirakan, Dicemburui orang lain, Tidak menyimpan dendam, Cepat minta maaf, Mencegah saat membosankan, Menyukai kegiatan spontan.
Kelemahan : Benci sendirian, Perlu menjadi pusat perhatian, Ingin popoler, Mencari penghargaan, Mendominasi percakapan, Menyela dan tidak mendengarkan, Menjawab untuk orang lain, Tidak tetap dan pelupa, Menyukai kegiatan spontan, Membuat dalih, Mengulangi cerita.


PHLEGMATIS

Orang phlegmatis adalah orang yang cinta damai. Sifatnya mengalah, tidak mau terlibat dalam perdebatan. Kelemahannya antara lain karena terlihat lemah, kadang-kadang dipermainkan oleh orang lain. Orang phlegmatis biasanya ada di profesi-profesi yang tidak banyak konflik.

Emosi :
Kelebihan : Kepribadian profil rendah, Mudah bergaul dan santai, Tenang dan teguh, Sabar, Seimbang, Hidup konsisten, Tidak banyak cakap tetapi bijaksana, Simpatik dan baik hati, Menyembunyikan emosi, Senang menyesuaikan diri dengan kehidupan, Penuh tujuan.
Kelemahan : Tidak antusias, Takut dan khawatir, Tidak pasti, Menghindari tanggung jawab, Berkemauan baja yang tenang, Mementingkan diri sendiri, Terlalu pemalu dan pendiam, Terlalu suka kompromi, Merasa benar sendiri.

Kerja :
Kelebihan : Cakap dan mantap, Damai dan menyenangkan, Punya kemampuan administrasi, Menengahi masalah, Menghindari pertikaian, Baik di bawah tekanan, Menemukan cara yang mudah.

Kelemahan : Tidak berorientasi tujuan, Kurang motivasi diri, Sulit bergerak, Tidak senang didesak-desak, Malas dan tidak peduli, Membuat orang lain merosot semangatnya, Lebih suka menonton Pornografi.

Teman – Teman :
Kelebihan : Mudah diajak rukun, Menyenangkan, Tidak suka menyinggung perasaan, Pendengar yang baik, Rasa humor yang tajam, Suka mengawasi orang lain, Punya banyak teman, Berbelas kasihan dan peduli.

Kelemahan : Menghilangkan antusiasme, Tidak mau terlibat, Tidak mempedulikan rencana, Menilai orang lain, Sarkatis dan mengejek, Menolak perubahan.

1 komentar: